Tugas Arsitektur dan Organisasi Komputer

Nama : Khairima Dwi Hanifa

NIM : 1204190019

“Atribut yang tampak oleh programmer”  Arsitektur
“bagaimana suatu fitur diimplementasikan” Organisasi
‘cara komponen terkoneksi satu dengan yang lain” Struktur
“operasi komponen secara individual” Fungsi
  1. Arsitektur

Arsitektur merupakan atribut yang tampak oleh programmer, yang berisi set intruksi, jumlah bit yang digunakan untuk representasi data, mekanisme I/O, teknik pengalamatan. Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional.

2. Organisasi

Organisasi mengacu pada unit operasional dan interkoneksi yang mewujudkan arsitektur. Contoh aspek organisasi komputer adaalah teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal sinyal control.

3. Struktur

Struktur adalah cara dimana komponen berhubungan satu dengan lainnya. Struktur komputer terdiri dari beberapa bagian yaitu, CPU, main memory, Melalui I/O, sisitem interkoneksi.

4. Fungsi

Fungsi adalah pengoperasian komponen individu sebagai bagian dari struktur. Fungsi komputer adalah pengolahan data, penyimpanan data, pergerakan data, dan control

Berikut adalah 4 fungsi dari komputer :

  1. Pengolahan data

Komputer mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi. Data yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, objek, dan lain lain. Semua nya tergnatung dari kebutuhan user dan proses pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu software.

  • Penyimpanan data

Komputer dapat menyimpan data baik secara sementara (dalam proses), atau secara permanen. Penyimpanan terjadi pada hard drive, atau perangkat penyimpanan eksternal.

  • Pergerakan data

Ketika data diterima atau dikirimkan keperalatan yang terhubung dengan komputer maka prosesnya disebut input/output dan perangkatnya disebut peripheral.

  • Control

Dikerjakan oleh user dengan memasukan instruksi instruksi ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan mengerjakan sesuai yang telah diinput user.

Berikut merupakan struktur TOP LEVEL komputer :

CPU ( Control processing Unit)

Merupakan otak dari komputer, yang bertugas untuk mengontrol operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data sehingga biasa disebut processor. CPU terbagi dari komponen utama yaitu, register, ALU, internal CPU Interconnection dan control unit.

  • Main Memory

Merupakan meori yang memiliki kapasitas yang cukkup besar yang menampung semua instruksi dan data sebellum dirposes CPU. Main memory digunakan untuk menyimpan data dan Input Output yang berfungsi sebagai media penghitung antara bagian dalam komputer dengan lingkungan eksternal. Main memory terdiri dari RAM dan ROM

  •  System Interconnection

Fungsi nya adalah untuk menghubungkan diantara ketiga elemen yaitu CPU, main memory dan input output untuk di sinkronisasikan dan dijalankan oleh komputer.interkoneksi yang banyak digunakan saat ini adalah system bus, yang terdiri  dari sejumlah kabel yang terhubung ke komponen komponen komputer. Secara umum fungsi saluran bus dikategorikan menjadi 3 yaitu, address bus, data bus, dan control bus.

  • Input Output

Dengan ini data dapat dipindahkan dari storage didalam komputer ke media penyimpanan diluar komputer. Input sendiri merupakan memasukan data dan perintah kedalam memori komputer untuk selanjutnya akan diprose soleh processor, perangkat input juga terdapat pada komponen piranti keras yang memungkinkan uses memasukan data ke dalam komputer. Sedangkan Output adalah data yang telah diproses menajdi bentuk yang dapat digunakan.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai